Ads

March 09, 2010

Cara Meng-Hack Akun Facebook

Postingan ini bukan untuk mengajari cara meng-hack akun facebook orang lain akan tetapi hanya sekedar pengetahuan tentang bagaimana cara hacker meng-hack facebook sehingga akan membantu untuk melindungi profil facebook anda dari ancaman hacker. Beberapa teman saya pernah bertanya kenapa dia tidak bisa login di facebook atau kenapa ada yang mengganti foto-fotonya dan meng-add ribuan orang yang tidak dikenal .

Di bawah ini adalah beberapa metode yang biasa digunakan hacker baik yang masih newbie maupun yang udah kelas kakap :

* Phishing Attack

adalah cara paling populer untuk mencuri password lain. Biasanya berupa pesan email yang memberikan link login palsu . Biasanya hacker mendapat alamat email dari profill di akun facebook, jadi saya sarankan jangan tampilkan alamat email anda di halaman profil, atau kalau terpaksa harus ditampilkan harus tetap hati-hati bila ada email yang mengatasnamakan facebook yang meminta username dan password anda. Facebook tidak pernah meminta login dari pesan email tapi langsung dari website.

* Java script Trick

Pernah lihat grup di Facebook yang meminta anda join dengan syarat harus meng- copy paste kode javascript tertentu di address bar?? Hati-hati, ini adalah salah satu jebakan untuk mencuri data anda. Di Facebook ada beberapa grup sedang bergentayangan saat ini yang meminta prosedur seperti ini, kalau tidak yakin mendingan tidak usah join.

* Primary Mail Hacked :

Cara ini adalah lanjutan dari cara pertama di atas, setelah hacker mengetahui password email yang digunakan untuk akun facebook, dia bisa “bermain-main” dengan mengubah password facebook anda sehingga anda tidak bisa login ke facebook. Caranya sederhana, hacker akan menggunakan email anda untuk login, kemudian “pura-pura” lupa password kemudian meng-klik link forgot your password. Facebook akan mengirimkan email untuk mereset password anda, dan dengan leluasa hacker bisa mengubah password anda sesuka hati sehingga anda tidak bisa login.

Kesimpulannya adalah sebaiknya anda jangan memunculkan email username facebook di halaman profil, atau gunakan alamat email lain jika memang alamat email harus dimunculkan. Kedua, jangan gunakan password yang sama antara email utama untuk facebook dengan password untuk login di facebook.

0 comments:

Post a Comment

Add Your Comment In Here:

Subscribe Via E-mail

Enter your email address: